Selamat datang di Blog KUA Kecamatan Taliwang** PP No. 19 Tahun 2015 tentang Biaya Nikah, Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ** ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! ** Pastikan Nikah Anda tercatat di KUA Kec. Taliwang ** Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan!

Jumat, 29 Juni 2018

KUA TALIWANG MAJU SEBAGAI KUA TELADAN TK. PROVINSI NTB 2018

      
Taliwang ksb : Terpilih sebagai juara I penilaian KUA Teladan tingkat kabupaten, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Taliwang mewakili Kab. Sumbawa Barat maju ke tingkat provinsi .  penilaian Tim Visitasi kabupaten Sumbawa Barat dilakukan pada KUA yang berbasis teknologi informasi (TI) ini
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat H. Syarifuddin menyatakan, penilaian KUA Teladan jangan hanya sekedar rutinitas, namun harus mampu mendinamisasi peran penting KUA yang makin dibutuhkan masyarakat. " KUA memiliki peran strategis,  dalam mengawal kehidupan keagamaan di masyarakat,".
Sedangkan dalam arahannya Kasi Bimas Kab. Sumbawa Barat H. Udin Syafruddin mengatakan pemilihan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Teladan Tahun 2018 akan dilaksanakan dengan paradigma baru. Dengan paradigma baru ini, KUA Teladan yang terpilih diharapkan memiliki kualitas dan pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat. Perubahan yang dimaksud, lanjutnya, terkait dengan komponen penilaian KUA Teladan, yaitu: Standar Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), dan Inovasi. Komponen penilaian tahun ini berubah dari tahun-tahun sebelumnya, yang hanya menilai berdasarkan Standar Pelayanan dan Performa Kepala KUA.
Menurut Kepala KUA Taliwang, Sudirman, ada beberapa keunggulan yang diusung terutama dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Optimalisasi pelayanan nikah berbasis teknologi informasi yang diusung oleh KUA Taliwang, adalah pertama, program Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) yang selama ini telah lama dijalankannya, bahkan bisa di katakan KUA Taliwang merupakan KUA pertama yang menerapkan Sistim Informasi Manajemen Nikah di Provinsi Nusa Tenggara Barat. 
Selain itu program unggulan yang juga diusung oleh KUA Kec. Taliwang adalah Digitalisasi Tata persuratan, terutama surat keluar dan surat masuk.  kerjasama KUA Taliwang dan Dinas Dukcapil Kab. Sumbawa Barat yang kami singkat dengan istilah KaBar Upin ( KK, KTP baru untuk Pengantin ) di mana selain menerima buku Nikah, calon pengantin juga akan menerima KK, KTP Baru di tambah lagi dengan perubahan KK kedua orang tua calon pengantin, kata sudirman.  
Kegiatan penilaian KUA Teladan Tahun 2018 akan dilaksanakan sejak April sampai Juli mulai tingkat kabupaten/kota sampai dengan provinsi. Sedangkan Visitasi KUA Teladan Tk. Provinsi Nusa Tenggara Barat akan di laksanakan pada tanggal 2 Juli 2018 untuk pulau Sumbawa yang akan di mulai dari Visitasi KUA Taliwang di Kab. Sumbawa Barat.  ( sdm )
Share: