Selamat datang di Blog KUA Kecamatan Taliwang** PP No. 19 Tahun 2015 tentang Biaya Nikah, Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600 rb, disetorkan langsung ke Bank ** ZONA INTEGRITAS KUA, tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan jika terbukti! ** Pastikan Nikah Anda tercatat di KUA Kec. Taliwang ** Waspadai penyebaran paham keagamaan menyimpang, awasi lingkungan!

Jumat, 06 Juli 2018

VISITASI KUA TELADAN TK. PROV. NTB


Taliwang : Visitasi KUA Teladan Tk. Provinsi Nusa Tenggara Barat dimulai, hal tersebut di tandai dengan disambutnya tim visitasi KUA Teladan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat  yang tiba di KUA Kec. Taliwang, Selasa (2/6/2018) pukul 09.00 Wita.


Hadir dalam penyambutan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat Drs. H. Syarifuddin, MM , Ketua Pokjaluh bersama anggotanya, Kepala KUA se Kabupaten Sumbawa Barat, Kepala Seksi Bimas Islam, H. Udin Syafruddin, S.Ag. MM, serta beberapa staf  KUA se Kabupaten Sumbawa Barat.
Dalam Arahannya, Ketua Tim Visitasi Lomba KUA Teladan Kanwil Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam hal ini di komandoi oleh Bapak Kabid Bimas Islam " Muhammad Amin " mengatakan ada perubahan pada beberapa hal terutama dalam mekanisme penilaian KUA Teladan tahun ini, perubahan yang dimaksud, lanjutnya, terkait dengan komponen penilaian KUA Teladan, yaitu: Standar Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), dan Inovasi. 
Terkait dengan IKM, M. Amin menuturkan, dalam juklak lama, komponen penilaian ini sudah ada namun tidak maksimal. Oleh karenanya, pada tahun ini, IKM akan ditingkatkan agar tingkat kepuasan pelayanan lebih terukur dengan jelas. Sistemnya nanti akan ada survei kepada masyarakat langsung mengenai kepuasan terhadap layanan KUA Kecamatan Taliwang.
Sedangkan terkait dengan Inovasi, lanjut M. Amin, komponen penilaian ini merupakan ruh dari pemilihan KUA Teladan. KUA yang unggul, menurut dia, harus memiliki unsur inovasi. Saat ini keterbukaan informasi publik terhadap pelayanan masyarakat terus berkembang. Tentu dibutuhkan kreatifitas serta inovasi dari para kepala KUA sebagai ujung tombak dari Kemenag itu sendiri. 
Dalam acara yang berlangsung kurang lebih 3 jam tersebut, Tim Visitasi langsung tancap gas. Tim Visitasi yang berjumlah 10 orang tersebut kemudian memasuki ruangan demi ruangan dengan memeriksa kelengkapan administrasi, SOP, SPP, arsip-arsip pencatatan nikah, dll sesuai dengan juknis yang telah di tetapkan oleh kemenag pusat, di samping itu juga Tim Penilai juga mendengarkan persentasi terkait visi dan misi serta program-program unggulan KUA Kec. Taliwang di ruang Balai Nikah yang langsung di presentesikan oleh Kepala KUA Taliwang Sudirman, Setelah itu, Tim penilai juga mewawancarai masing-masing staff sesuai unit kerjanya dan tugas-tugasnya. 
Setelah kegiatan penilaian berakhir yang ditandai dengan foto bersama jajaran Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat, Tim Visitasi Provinsi NTB lalu melanjutkan perjalanan ke Kemenag Kabupaten/kota lainnya yang ada di pulau Sumbawa.
Kepala KUA Kec. Taliwang mengatakan, dengan terpilihnya KUA Kec. Taliwang mewakili Kabupaten Sumbawa Barat dalam lomba KUA Teladan Tk. Provinsi ini, bisa dijadikan bukti bahwa pelayanan yang diberikan sudah sanga baik. hal ini di lihat dari hasil penilaian Indek Kepuasan Masyarakat pada Triwulan ke II ( bulan April, Mei dan Juni ), yang mana Nilai Indek Unit Pelayanan KUA Taliwang dengan nilai 3.398, Nilai indek Kepuasan masyarakat pada Unit Pelayanan KUA Taliwang 84.95 dengan Mutu Pelayanan kategori A ( sangat Baik ). sdm
Share: